Welcome toWisataCiamis.com

Nikmati dan Kunjungi Potensi ObjekWisata Ciamis

Pusat Layanan Penjualan Tiket Pesawat Mudah dan Murah

Copyright © WISATA CIAMIS.com | Powered by Zonk Clock
Layanan Penjualan Tiket Pesawat Online Mudah dan Murah | Dengan Harga SUPER PROMO Lengkap dengn Paket Wisata Dalam dan Luar Negeri

Follow us on facebook

Wisata Unik

Loading...

Sunday, March 24, 2013

Bakal Calon Bupati Ciamis tidak lagi dipilih Warga Pangandaran

CIAMIS NEWS - Ciamis Selatan yang terbagi 10 kecamatan yang tergabung dalam DOB (Daerah Otonom Baru) Kab.Pangandaran dimungkinkan tidak memiliki hak pilih lagi dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ciamis untuk periode 2014-2018 . Pada tanggal 28 April 2013 rencananya penetapan DOB Kabupaten Pangandaran secara resmi berpisah dari induknya Kabupate Ciamis. 

Dengan ditetapkannya Daerah Otonom Baru Kabupaten Pangandaran, maka secara otomatis warga yang ada di wilayah ciamis selatan ini sudah tidak memiliki hak pilih dalam PEMILUKADA Ciamis Tahun 2014 nanti. Namun Bupati Engkon menuturkan bahwa warga masih tetap memiliki hak pilih untuk Pemilu Legislatif,", Jumat (8/3). Engkon Komara juga mengatakan dengan penetapan DOB (Daerah Otonom Baru) tersebut maka jumlah pemilih untuk Pilkada Ciamis juga otomatis akan berkurang. 

Berpisahnya sepuluh kecamatan yang berada di wilayah ciamis selatan tersebut akan membawa konsekuenasi hukum, tidak lagi memiliki hak pilih di kabupaten induk (Kab. Ciamis). "Sangat wajar, jika kawasan pangandaran sudah berdiri sendiri sebagai DOB (Daerah Otonom Baru), artinya sudah menjadi warga Kabupaten Pangandaran," jelasnya. Bupati Engkon juga mengungkapkan, secara pasti belum mengetahui waktu pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis. Hal itu disebabkan karena sampai saat ini belum ada peraturan pemerintah pengganti undang-undang (PERPU) yang mengatur akan tersebut, khususnya menyangkut dimajukan atau diundur pelaksanaan Pilkada Ciamis. 

Di lain pihak ada aturan bahwa setahun menjelang pemilihan Presiden tidak boleh pemilihan kepala daerah. "Maka dalam pemilu kada ciamis dimungkinkan menunggu Perpu, sebelumnya memang ada wacana digelar Bulan Oktober. Sebenarnya kami juga berharap segera ada kepastian penyelenggaraanya, sebab semakin cepat ada keputusan, maka dapat segera melangkah untuk berbagai tahapan pelaksanaan pilkada. Dewan juga masih menunggu Perppu, jadi kuncinya ada di aturan tersebut," tuturnya. Engkon Komara yang secara normal masa jabatannya sebagai Bupati Ciamis akan berkahir tahun 2014, lebih lanjut mengatakan untuk pesta demokrasi masyarakat Kabupaten Ciamis telah dianggarkan kuarang lebih sebesar Rp 52 miliar.

Persiapan biaya anggaran tersebut sudah termasuk biaya penyelenggaraan pemilu kada dua putaran. "Sudah kami persiapkan, sehingga ketika ada kepastian waktu dapat dicairkan. Apabila ternyata ada sisa, anggaran kembali ke kas daerah," tuturnya. Menyinggung maraknya kemunculan baliho dan spanduk balon bupati dan wakil bupati, Engkon yang saat ini sebagai orang nomer satu ciamis mengatakan tidak terlalu mempermasalahkannya. Bahkan, semakin banyak baliho yang dipasang, bakan semakin menambah pendapatan daerah. Alasannya untuk pemasangan baliho juga harus membayar pajak. "Yang penting adalah kewajiban membayar pajaknya. Semakin banyak baliho, tentu berdampak pada naiknya pendapatan daerah. Bisa menjadi sumber PAD baru," ujarnya. 

Terpisah Wakil Ketua DPRD Ciamis Didi Sukardi mengungkapkan bahwa DPRD Ciamis telah memerintahkan Komisi 1 untuk melaksanakan kajian terhadap waktu penyelenggaraan dimulainya tahapan Pilkada Ciamis. Perintah tersebut, disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Ciamis yang berlangsung pada hari Jumat (8/3). "Menindaklanjuti hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus), dalam sidang paripurna DPRD memerintahkan Komisi 1 melaksanakan kajian terhadap waktu tahapan pilkada. hasil kerja Komisi terseut juga disampaikan dalam rapat paripurna," katanya. Didi yang juga disebut-sebut bakal ikut mencalonkan diri sebagai bupati/wakil bupati Ciamis, menambahkan hasil Komisi 1 tersebut harus tegas menyebut apakah merekomendasikan atau tidak merekomendasikan tahapan dimulainya tahapan pilkada. Dengan demikian, dimulainya tahapan pilkada Ciamis tergantung pada hasil paripurna menyangkut hasil kerja komisi tersebut. "Komisi 1 diberi waktu mulai tanggal 8 - 14 Maret 2013. Tanggal 15 dilakukan rapat paripurna," tambahnya. (sumber:mypangandaran.com)
Quantity : Add to Cart

Labels

Booking Ticket Online

Labels

Ad unit

Kerajinan Angklung

Contact Form

Name

Email *

Message *

Contact Live Support

Pangandaran, Parigi & Cijulang:
Jl. Batu Hiu No.140 - Jawa Barat - INDONESIA
Tlp/Fax:+62.265.781 0211

Ciamis & Banjar:
Jl. Jl. Mr. Iwa Kusumasoemantri No.95
Kab Ciamis - Jawa Barat - INDONESIA
Tlp/Fax:+62.265.781 0211

Jakarta, Bogor, Depok & Tangerang:
Jln. Malaka IV HB I C RT.007 RW.006 Cilincing Rorotan – Jakarta Utara
Tlp/Fax :+62 21 4485 0551

Semarang, Solo & Yogyakarta:
Jln. Singa Tengah III No.56
Pedurungan – Semarang
Tlp/Fax : +62 24 670 5900
Mobile: +62 856 2426 0469

LIVE SUPPORT CHAT:
Tiket Pesawat
Voucher Hotel
Paket Wisata
Umroh&Haji

Warta Ciamis

Feature Post

Powered by Blogger.

Seacrh By Labels

Labels